Pentingnya Mata Kuliah Praktek Pemahaman Individu Teknik Testing Bagi Petugas BK

Bimbingan merupakan suatu usaha pemberian layanan bantuan berkelanjutan, yang diberikan kepada individu yang membutuhkan dalam pemecahan masalahnya,agar individu yang dibimbing dapat mengembangkan dirinya secara optimal dan menjadi pribadi yang mandiri. Salah satu hal yang penting dalam memberikan layanan bimbingan tersebut adalah memahami individu secara keseluruhan, baik masalah yang dihadapinya, maupun latar belakangnya. Melalui pemahaman tersebut, individu dapat memperoleh layanan bantuan yang tepat dan terarah. Pemahaman individu ini merupakan salah satu langkah yang harus dilaksanakan oleh pembimbing atau petugas BK.

Untuk dapat memahami individu dengan sebaik-baiknya, maka pembimbing atau petugas BK perlu mengumpulkan berbagai keterangan atau data tentang masing-masing individu. Data maupun keterangan yang terkumpul akan menentukan tingkat pemahaman individu dan jenis bantuan yang akan diberikan.

Jenis data yang dikumpulkan hendaknya meliputi berbagai aspek yang berhubungan dengan diri individu. Dalam pemahaman individu ini dibagi menjadi dua macam teknik, yaitu teknik testing dan teknik non testing.

Oleh karena itu, mata kuliah praktek pemahaman individu teknik testing ini perlu diikuti oleh calon pembimbing atau petugas BK, sehingga tidak hanya teori yang dipelajari namun dalam prakteknya calon pembimbing atau petugas BK perlu mempelajarinya. 


Category Article ,

What's on Your Mind...